Sabtu, 06 Agustus 2011

Da Genova La Focacceria Pizza Al Taglio


Saya tak tahu apa arti kalimat yang saya pakai untuk judul tulisan ini. Kalimat itu terpampang di sebuah tempat kecil di ruas jalan Segusina Gate, Turin. Setelah saya berkeliling Turin sejenak, saya meneruskan berjalan di ruas Segusina Gate, yang menjadi awal dari Via Garibaldi, jalur pedestrian terpanjang di Eropa. Di Segusina inilah saya bertemu dengan Da Genova La Focacceria Pizza Al Taglio.

Tak susah untuk tahu bahwa tempat ini adalah sebuah pizzeria. Pizza ala Genoa tepatnya, karena ada Genova tercantum. Genova adalah bahasa Italia untuk Genoa. Sama seperti Torino untuk menyebut Turin.

Karena perut yang keroncongan, saya memutuskan masuk dan memesan seiris pizza. Pizza di pizzeria ini ditaruh dalam loyang berbentuk persegi, dan dipanggang dalam oven. Lalu pizza akan diiris persegi panjang, dan disajikan di sebuah piring kertas. Sederhana. Ada banyak pilihan pizza. Mulai pizza bertopping plain keju mozzarella, lalu ada topping buah zaitun dan daun basil, hingga pizza salami pilihan saya.

Pizza salami kadang disebut juga dengan pizza capricciosa. Pizza ini toppingnya terdiri dari keju mozzarella, tomat, jamur, salami, dan juga olive oil. Ada juga taburan daun basil kering.

Setelah dihangatkan, saya membawa pizza itu ke meja makan di depan pizzeria. Pas di pinggir arus pejalan kaki yang deras di Via Garibaldi. Jadi saya bisa menikmati Turin dari dekat dan intim. Juga melihat betapa ekspresifnya orang Italia jika berbicara.

Pizza ini sungguh begitu enak. Dough-nya tipis, tak tebal seperti dough ala American pizza. Beberapa bagian yang over-cooked malah memberikan aksen renyah yang unik. Lalu olive oil memberi aksen basah dan lengket yang menyenangkan. Keju mozzarella yang cair begitu lumer di lidah dan dinding tenggorokan. Rasa asinnya begitu pas. Daging salaminya juga renyah dan gurih. Superb!

Saya lalu percaya satu hal. Carilah pizzeria manapun di Italia. Pizza yang mereka jual pasti sama enaknya. Tak ada pizza tak enak di Italia. Saya telah membuktikannya siang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar