Sabtu, 05 Maret 2011

10 Vokalis Terbaik?

Beberapa hari lalu seorang kawan bertanya pada saya. "Siapa 10 vokalis terbaik menurutmu? Gak cuma di studio aja, tapi juga di panggung, termasuk atraksi panggungnya. Kalau cuma bagus di studio kayak vokalisnya Dragon Force yo mati wae" ujarnya.

Saya berpikir keras kala itu. Bukannya apa, membuat daftar 10 dari jutaan itu sangatlah susah. Ada banyak vokalis favorit saya. Dan jumlahnya pasti lebih dari 10. Setelah sholat istikharah --haiyah-- inilah dia 10 vokalis terbaik versi Nuran Wibisono. Kalau kalian tidak setuju, gak usah ngomel disini, silahkan bikin list kalian sendiri.

Oh ya, nomer tidak menandakan urutan.



1. Jim Morrison

Ada suatu anekdot menarik mengenai Jim Morrison.

"Kalau Jim Morrison berkelahi dengan tuhan, siapa yang akan menang? Kalau kamu menjawab Jim, maka kamu salah. Kalau kamu menjawab tuhan, maka kamu salah besar. Jawabannya tak ada yang menang, karena ini adalah pertanyaan jebakan. Kenapa tak ada yang menang? Karena Jim Morrison adalah tuhan. Sesederhana itu."

Dan bagi saya, Jim Morrison memang serupa tuhan. Suaranya yang magis nun menggetarkan, aksi panggungnya yang menggemparkan, hingga lirik-lirik absurd ala beat poet begitu membuat saya mengidolakannya. Pemberontakannya terhadap sistem dan moralitas yang berlaku pada era flower generation ini membuatnya jadi simbol pemberontakan, wajahnya yang rupawan dan badannya yang atletis membuat dia jadi simbol seks baru. Makanya saya heran ketika salah satu majalah musik terkenal di dunia tidak memasukkan Jim sebagai simbol pemberontak. Malah memasukkan Pink dan Avril Lavigne? Idiot.

Lagu penting: The End, Unknown Soldier

2. Axl Rose

Kalau ada binatang yang terperangkap dalam tubuh manusia, mungkin binatang terbuas ada pada manusia bernama William Bruce Bailey, alias Axl Rose.

Penderita beberapa penyakit mental ini seperti sosok Dr. Jeckyll yang harus bertarung dengan alter egonya, Mrs. Hyde. Pada beberapa kesempatan, Axl sangat ganas dan brutal, sering keluar masuk penjara, berkelahi dan membuat onar. Sering pula ia menghentikan konser di tengah jalan hanya karena moodnya sedang buruk. Tapi kadang kala dia sangat halus dan lembut, bahkan membuat lagu cinta nan romantis macam Patience atau Sweet Child O Mine.

Suaranya pun bukan tipikal penyanyi 1000 dapat 3. Kadang suaranya melengking, kadang bisa mengeluarkan suara berat dan serak. Kalau ditanya mengenai aksi panggung, Axl Rose seperti bola bekel. Lari kesana kemari, meloncat, berguling, menari, dan bergulung koming. Pendek kata, Axl Rose adalah salah satu vokalis terbaik di dunia.

Lagu Penting: Welcome to the Jungle, Estranged

3. Sebastian Bach

Pretty Bad Boys adalah istilah untuk menggambarkan para hair rockers. Para hair rocker itu tipikalnya adalah berwajah tampan dan berkelakuan nakal. Wajah boleh seperti malaikat, tapi kelakukan seperti Lucifer yang baru saja lepas dari neraka.

Salah satu PBB yang paling legendaris adalah Sebastian Bach, mantan vokalis Skid Row. Sebenarnya karakter Bach hanya satu tingkat di bawah Axl. Kekurangan Bach hanya tidak begitu bisa membuat lirik dan musik yang bagus, masih kalah dengan Axl.

Suara Bach adalah tipikal vokalis metal, melengking tajam, bening, tapi tetap merdu terhadap nada rendah. Meski berwajah "cantik", Bach yang mantan penyanyi pernikahan ini adalah tipikal bad boy.

Dalam suatu konsernya, Bach pernah dilempar botol bir oleh seorang penonton yang mabuk. Alih alih menghentikan konser, pria berambut pirang ini malah menantang pria itu untuk naik ke atas panggung dan berkelahi dengannya. Karena penonton itu tak mau naik ke atas panggung, Bach melompat ke arah penonton itu dari panggung yang jaraknya hampir tiga meter! Setelah melompat, dihantamkannya tangan yang besar ke penontok sok jagoan itu. Konser pun ricuh, dan Bach dipenjara selama beberapa hari.

Pretty fucking bad boy!

Lagu penting: Youth Gone Wild, In the Darkened Room

4. John Lennon

Konon, Mark Chapman sang pembunuh John Lennon adalah orang suruhan CIA. Lennon digolongkan menjadi musuh Amerika dan layak untuk dibunuh. Itu semua karena pengaruhnya yang begitu besar, baik secara kultural maupun politis.

Suatu ketika Lennon pernah berkata bahwa Beatles lebih populer ketimbang Yesus. Banyak orang protes, tapi mereka tak bisa memungkiri kalau fakta itu sepertinya benar. Alasan terbesar Beatles berhenti mengadakan konser adalah karena suara histeria penonton jauh lebih keras ketimbang musiknya.

Lennon pun mengalami banyak transformasi dalam hidupnya. Dari sweet and romantic boy ala The Beatles, beralih ke ajaran timur, menjadi aktivis damai dan menuliskan "Imagine" salah satu lagu terhebat sepanjang masa. Lennon sendiri adalah tipikal penyanyi yang komplit. Meski bagi sebagian besar pemuja Beatles, suara Lennon masih kalah oleh Mc Cartney, tapi tak ada yang berani menolak kalau kharisma Lennon begitu besar, jauh diatas kompatriotnya itu.

Lagu penting: Imagine, Strawberry Fields Forever

5. Marvin Gaye

Let's Get It On adalah salah satu lagu romantis terbaik sepanjang masa. Sedangkan Sexual Healing adalah salah satu lagu yang paling sering dijadikan backsound ketika bercinta. Dan otak dibalik semua itu adalah seorang pria keling bernama Marvin Gaye.

Sebagai seorang penyanyi soul, dia memang sangat menjiwai setiap kali bernyanyi. Suaranya yang susah digambarkan itu juga sukses bikin saya merinding. Begitu pula aksi panggungnya. Dia seringkali bersimpuh ketika menyanyikan lagu cinta, ia seperti menyanyi di hadapan kekasih yang ia cinta. Soulful sekaligus menggetarkan.

Sayang, sebuah peluru di kepalanya membuat dia tak bisa lagi bernyanyi.

Lagu penting: Let's Get it On, What's Goin On


6. Ucok Harahap

Salah satu vokalis terhebat sepanjang sejarah musik Indonesia. Ucok yang dikenal sebagai Ucok AKA adalah pionir shocking stage act di Indonesia. Berbagai atraksi panggung yang tak pernah ditampilkan oleh vokalis manapun di Indonesia, seperti gantung diri, masuk ke peti mati, bernyanyi dengan kepala di bawah, dilakukan oleh Ucok.

Belum lagi masalah karakter vokal. Karakter vokalnya yang serak dan bluessy membuat dia menjadi salah satu vokalis paling berkarakter yang dimiliki Indonesia. Dan pronounciationnya sungguh sangat sempurna. Menyimak Shake Me atau Crazy Joe, anda tidak akan mengira kalau penyanyi lagu ini adalah seorang dari Surabaya.

Crazy!

Lagu penting: Crazy Joe, Shake Me


7. Aretha Franklin

Jack Black dalam School of Rock pernah berkata "Aretha berbadan besar. Tapi ketika dia bernyanyi, semua orang ingin berpesta dengannya!"

Jack tidak salah. Suara Aretha yang dalam dan berat membuat dia menempati urutan nomer satu dalam daftar penyanyi terbaik sepanjang masa yang dibuat oleh Rolling Stone. Queen of Soul adalah sebutan yang pantas ia rengkuh.

Aretha mungkin memang dilahirkan untuk bernyanyi. Ketika ia diciptakan, mungkin tuhan sedang bernyanyi dan berbahagia. Akhirnya suara Aretha menciptakan kebahagiaan bagi mereka yang mendengar. Semua nada, baik tinggi maupun rendah, bisa dilibasnya dengan mudah. It's just a piece of cake, ujarnya. Kalau tidak percaya, simak saja lagu Respect, dan anda akan menghormati pilihan para editor Rolling Stone.

Lagu penting: Respect, I Know You Were Waiting For Me


8. Iwan Fals

Iwan Fals adalah salah satu legenda musik terbesar di Indonesia, bahkan di Asia. Majalah TIME bahkan pernah menobatkan Iwan sebagai Asian Heroes.

Liriknya begitu membakar, mengobarkan semangat, dan membuat bulu kuduk merinding. Ia begitu humoris sekaligus sarkastis. Kalau di panggung ia irit bicara, hanya ngomong seperlunya. Tapi lirik yang ia muntahkan sudah membicarakan apa yang ia ingin teriakkan. Hanya berbekal sebuah gitar akustik, dia adalah ksatria bergitar yang sebenarnya, bukan si kribo berjanggut yang sok agamis itu.

Lagu penting: Bento, Wakil Rakyat, Bongkar


9. Janis Joplin

Salah satu penyanyi perempuan terbaik dalam sejarah musik rock. Suaranya serak-serak basah, dan kalau bernyanyi bisa sangat soulful. Kalau anda pernah melihat video Woodstock 69, bisa disimak ketika Janis bernyanyi Ball and Chain dengan penuh penjiwaan, malah hampir menangis ketika membisikkan lirik yang syahdu.

Lagu penting: Try, Ball and Chain




10. Arian 13 dan Otong Koil

Dua vokalis ini adalah dua orang vokalis rock terbaik di Indonesia. Mereka berdua adalah penulis lirik yang jenius. Mereka berdua juga front man yang bagus. Aksi panggung mereka adalah jaminan adanya headbanging atau moshing. Belum lagi celotehan-celotehan nakalnya. Arian suka menghujat para aktivis agama sayap kanan, dan Otong suka menyindir para band-band pop menye-menye --sekarang SM*SH adalah sasaran utamanya.

Karena itu saya bingung memilih siapa yang terbaik di antara mereka. Ketimbang pusing, saya masukkan saja mereka berdua. Toh gak akan ada yang protes, karena ini blog punya saya dan saya bebas mau nulis apa aja, hehehe.

Lagu penting:

Arian: Mengadili Persepsi, Citra Natural

Otong: Aku Lupa Aku Luka, Kita Dapat Diselamatkan

26 komentar:

  1. Waduh Akhadi Wira Satriaji alias Kaka SlanK gak masuk nih, waduh sayang banget padahal dari segi performance si kaka tuh selalu tampil luar biasa, walau sekarang kualitas suaranya agak menurun.

    BalasHapus
  2. seharusnya mas nuran tuh udah jadi editor majalah Rolling Stone. wawasannya luas banget. eh, ini malah nulis "gratis" di blognya.. hehe.. piss mas..

    btw,saya hanya tahu + sering mendengarkan yg no.1,2,3,4,8,9. mengenai otong koil?hmmm... suaranya hanya bagus ketika rekaman.pengalaman liat konsernya di malang dia diteriakin penonton. setau saya, konon sebuah band tidak akan pernah sukses ketika belum diterima di kota malang. dan saya menjadi saksinya waktu itu.

    BalasHapus
  3. Mana Kurt Cobain? Bob Dylan? Trenz Reznor? Zack De La Rocha? David "Naif"? Mana? Mana? Mana? :P

    BalasHapus
  4. anonim: well, kebetulan vokalis-vokalis yang kau sebutkan itu tak masuk dalam 10 daftar ini :D not my favourite vocalist type :D

    BalasHapus
  5. Freddie Mercury gak masuk? Oh god..

    BalasHapus
  6. Thom York mas nuran, haha

    BalasHapus
  7. wah lebih baik dibagi2 lagi bro..dari genre rock,pop,indo,barat,..biar semuanya kebagian hehe...soalnya kutc cobain gak masuk tuh....btw rocker rocker diatas adlah favorit saya.....

    BalasHapus
  8. Hahaha, kribo yang sok agamais? eh jangan salah bung, fansnya mungkin lebih banyak dari jumlah orang NU dan Muhammadiyah! kamu gial bung kalau nggak memasukkan Freddy Mercury, 10 ini batal kalau doi gak masuk!

    BalasHapus
  9. Bruce Dickinson...

    BalasHapus
  10. Kenapa nggak ada Kurt Cobain? Padahal dia itu kan vokalis yang paling suka teriak, tapi paling tidak pernah serak sekalipun! :)

    BalasHapus
  11. @Nuran: berarti kalau bukan vokalis favorit, ya anda menilai secara subjektif yaaa :)

    @Irwan Bajang: ada om Irwan Bajang? Ngapain di sini dirimu om!

    BalasHapus
  12. Ayu: Iya, setiap list pasti selalu subjektif, gak ada yang luput. Bahkan majalah sekelas Rolling Stone pun pasti subjektif, walaupun mereka mengundang beberapa pakar musik di luar majalah mereka. Lihat aja, tiap mereka ngeluarin list terbaik, pasti ada kontroversi.

    BalasHapus
  13. Dayan (Grass Rock), Eric Adam (Manowar)? Midnite (Crimson Glory)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, daftar anda menarik mas :D sayang, saya alpha memasukkan mereka karena satu sebab :)

      Hapus
  14. Balasan
    1. hehehe, iya mbak. Seharusnya aku mencantumkan dia di honorable mention yak? :D Atau setidaknya aku memisah antara vokalis luar negeri dan dalam negeri, biar tambah lengkap daftarnya :)

      Hapus
  15. Sebuah selera :) tidak hanya suara yg di butuhkan vokalis, tp musikalitas jg penting.
    Dan dan yg tidak sukses di malang itu mitos.
    Masih bnyk kota yg jauh lebih berselera tinggi. tak ada hubunganya.

    BalasHapus
  16. waduhh kurt cobainnya mana nich.....

    BalasHapus
  17. jim morrison memang keren, vokalis yg lahir dari perang dunia 2 !

    BalasHapus
  18. Arikel menarik,diantara beberapa vokalis di artikel dan di komentar saya cukup tau namanya dan lagu-lagu legend dari band-band mereka.
    Ulasan yang menarik bung.

    Salam kenal

    BalasHapus
  19. yang penting ada om Iwan Fals... :D

    BalasHapus
  20. Uncle kurt, mana... Mana... Mana...?

    BalasHapus
  21. haadeeeh cobain nggak ada -_-

    BalasHapus
  22. Kalo Kurt Cobain masuk, Axl bakal minta dikeluarkan dari list ini :p

    BalasHapus
  23. Untuk yang Otong Koil saya selalu kecewa dengan perform live-nya sering tidak maksimal malah sepertinya merek beneran sedang nggak pengen manggung deh. Sound yg amat sangat gak bisa dinikmati ditambah Otong yg sering lupa lirik. Album Blacklight Shine On memang hebat tapi perform live payah. *nb saya fans Koil loh, meski mereka cuma punya 2 album T_T

    BalasHapus