Senin, 28 November 2011

Melankolia Kala Hujan



Saat itu hujan sedang turun. Di luar pasti dingin. Meskipun musim panas, tapi hujan masih sering turun. Saya terduduk di bangku urutan nomer dua dari belakang. Sendirian. Tak banyak penumpang di kereta menuju Belanda itu. Saya tak tahu ada di daerah mana waktu itu. Hanya tampak sawah dan areal peternakan. Setahu saya, waktu itu baru menjelang sore tapi awan gelap sudah menutup langit. Membuat hari tampak seperti petang.

Saat itu pemutar musik saya setel mode shuffle. Jadi lagu yang dimainkan acak. Tepat ketika saya memandang keluar, hujan rintik, mengalunlah lagu Efek Rumah Kaca, "Melankolia". Dan tiba-tiba saya jadi melankolis. Suara gitar yang mengawang, vokal Cholil yang sendu, membuat siapapun yang mendengarkan lagu itu akan menjadi sendu dan melankolis. Kalau kata anak gaul jaman sekarang, perasaan seperti itu disebut "galau".

Sontak, saya jadi rindu banyak hal. Rindu tanah air. Rindu panasnya. Rindu keluarga. Rindu kawan-kawan. Biasanya ketika hujan, kami menghabiskan waktu di warung kopi. Ngopi sembari saling menggojlok. Saya ingat, terakhir kali ngopi bareng ketika hujan, waktu itu bareng Nova, Fahmi, dan juga Dika. Kami tak bisa pergi kemana-mana karena hujannya sangat deras. Kami hanya duduk berempat di bangku panjang, menghabiskan kopi sembari ketawa-ketiwi.

Saya juga rindu Rina. Kalau Rina sedang ada di Jember, dan kebetulan hujan, kami pasti akan melihat hujan di beranda depan  rumahnya. Biasanya ada Kaila, keponakan Rina yang masih berumur 2 tahun, datang untuk ikut melihat hujan. Kadang kalau Rina berkunjung ke rumah saya, saya akan membuat teh hangat untuk kami berdua. Tak lupa dicucuri sedikit jeruk nipis. Lalu kami akan melihat hujan sembari bercengkrama ringan di beranda atas rumah. Tentang apa saja. Tentang musik, tentang film, tentang fashion, tentang sepatu, tentang buku, tentang kuliah. Apa saja.

Hari ini saya berada di kamar kosan saya di Condong Catur. Di luar sedang hujan. Pemutar lagu di notebook memainkan mode shuffle lagi. Cuma kali ini saya sengaja menaruh daftar lagu-lagu yang enak di dengar kala hujan. Tapi saya sengaja tak menaruh "Melankolia" dalam daftar itu. Takut beneran jadi melankolis lagi.

Oh ya, apa lagu favorit kalian di kala hujan?

11 komentar:

  1. tidak sedang hujan Ran di sini, cuaca menggila panasnya dan saya justru menggigil kedinginan..:(


    ah, maaf saya mengeluh di sini :)

    saya suka mendengar coldplay yang the scientist kalo hujan, serasa manis apabila didengar sepanjang perjalanan..:)

    BalasHapus
  2. Fay: Kamu lagi sakit? Semoga di cuaca yang aneh ini, kamu tetep sehat :) Di Jogja, 3 hari belakangan panas terus. Sore ini baru hujan lagi. Rasanya menyenangkan. Sayang, di depan kosanku itu halamannya bukan tanah, melainkan semen. Jadi gak bisa kecium bau tanah basah.

    Wehehehe, Coldplay ya? Boleh nih dicoba :)

    BalasHapus
  3. Kata Cholil,murung itu sungguh indah. Melambatkan butir darah. :-D

    BalasHapus
  4. Walah, iki malah nggarai galau maneh :D

    BalasHapus
  5. hujan, saya sukanya sambil denger Efek Rumah Kaca yang Desember... :')

    BalasHapus
  6. ciprat: hehehe, biasanya aku nyanyi lagu itu sambil gitaran kalau lagi hujan. Nice song :)

    Ayu: hehehe, bikin tambah galau ya? :)

    BalasHapus
  7. Nyerah, kali ini harus berkomentar (tidak sekedar inguk inguk seperti biasanya)

    Membacanya dikala hujan meski tidak bersoundtrack melankolia, memaksa jemari untuk menari di kolom komentar.

    Lha trus komentarku endi? Haha, ternyata cuma' pengen cap jempol thok haha..

    Titip salam ae buat hujan. Omongne aku njaluk sepuro, belum bisa berhujan ria hari ini lantaran sedang menyeruput kopi (seandainya keduanya bisa digabungkan, menenteng gelas berisi kopi panas dan sesekali menyeruputnya, dan berbasah ria bersama pelukan hujan)

    BalasHapus
  8. hahaha, wah, saya kedatangan pengantin baru :D

    Iyo mas, sayangnya hujan itu tidak multi-tasking. bisa hujan-hujanan ,tapi gak bisa ngopi. bisa ngopi, tapi gak bisa hujan-hujana. emane rek :D

    BalasHapus
  9. saya juga penikmat hujan, dan selalu jd melankolis saat bersama mengarungi kesyahduannya.

    http://nourainayah.blogspot.com

    BalasHapus
  10. kalau lagu di kala hujan akhir-akhir ini saya sering dengerin lagu dari soundtracknya doraemon 3D soalnya pas seperti akan berpisah dengan seseorang.

    BalasHapus