Rabu, 11 September 2013

Bertiupnya "Sangkakala"

Sudah nyaris setahun sejak saya menulis artikel tentang Sangkakala, hingga sekarang album mereka tak kunjung usai. Saya tahu proses pembuatan album mereka memang penuh aral. Karena itu saya selaku anggota dari wangsa Macanista Brangasan (nama fans Sangkakala), hanya bisa menunggu dengan takzim.

Beberapa hari lalu, band kebanggaan warga Sewon dan sekitarnya ini malah mengeluarkan single baru berjudul "Sangkakala". Saya berkelakar band ini mirip dealer motor saja, sukanya nyicil lagu. Tapi single ini cukup lah untuk menuntaskan dahaga penantian barang sejenak. 

Artwork Single "Sangkakala" oleh Riono 'Tatsoy' Tanggul


Setelah single pertama, "Kansas", "Sangkakala" kembali menegaskan nuansa live yang dibangun dalam tiap lagu Sangkakala. Sangkakala sejak awal memang sudah mengatakan kalau lagu-lagu mereka akan bernuansa live. Lengkap dengan celetukan nakal dan denting gelas berisi ciu. Band ini memang terkenal unggul sebagai band live dengan energi yang meluap-luap. Agar keunggulan itu tetap terasa, maka nuansa ala panggung itu memang seharusnya dimasukkan ke dalam album.

Lagu "Sangkakala" sendiri seperti gambaran seperti apa lagu heavy metal yang baik. Rapat, intens, pyrotechnic solo guitar, dan faktor yang membuat Sangkakala jadi begitu keren: reff yang menonjok dan mudah memancing sing a long yang gempita. Meski begitu, saya  sedikit kurang sreg dengan bagian reff "oo ooo ooo" yang terasa lemas dan tak bertenaga. Kalau memang sejak awal mereka ingin nuansa live, kenapa tidak sekalian bagian yang memancing koor itu diisi oleh teriakan penonton saja? Supaya semakin terasa kental nuansa live-nya.

Tapi apapun itu, berkat single "Sangkakala", saya semakin tidak sabar menantikan full album Sangkakala yang berjudul Heavy Metalitichum ini. Sepertinya album ini layak untuk masuk dalam salah satu album terbaik tahun 2013.[]

Post-scriptum: Sangkakala akan mencetak sejarah dengan bermain akustik untuk pertama kalinya di acara "Lelagu", hari Jumat 13 September 2013 bertempat di Kedai Kebun Forum. Dalam even ini, mereka juga akan mengadakan sablonase dari jam 15-18 wib. Untuk membantu dana duplikasi CD, sablonase yang biasanya digratiskan oleh mereka kali ini akan dikenakan biaya 10.000 rupiah saja untuk dua desain. Jadi bawa kaos polosmu (utamakan yang berwarna cerah) dan silahkan disablon. 

2 komentar: