Rabu, 13 Oktober 2010

5 Lagu Tentang Rindu

Saya menulis daftar ini ketika berada di Jakarta. Tempat yang ramai, tapi kerap membuat orang merasa kesepian. Ketika kesepian menyergap, mustahil rasa rindu tak datang. Bisa rindu kampung halaman, rindu orang tua, rindu dengan teman lama yang tak pernah bersua, rindu anak pak haji sebelah rumah, atau yang paling sering: rindu pacar.

Saya merasakan itu. Bisa jadi, tulisan ini adalah efek dari overdosis bunyi klakson yang saya derita ketika berada di Jakarta selama seminggu. Karena itu pula saya sering melakukan hal yang kurang bermanfaat, salah satunya ya bikin list seperti ini, hahaha.

Saya yakin kalian punya pemahaman sendiri mengenai rasa rindu. Daripada manyun gak jelas, atau bikin status romantis di facebook, silahkan pikir dan tuliskan 5 lagu yang membuat kalian bergumam "Aku rindu kamu..."

1. Guns N Roses - Patience

Oke, bisa jadi band ini dijuluki sebagai band yang paling berbahaya di dunia. Bisa jadi pula, para anggotanya diramal akan mati cepat karena kelakukan mereka yang liar --faktanya, hingga sekarang, 5 orang anggota awal mereka belum ada yang dipanggil oleh yang maha kuasa. Tapi bisa jadi juga, mereka adalah 5 orang rocker yang paling romantis. Buktinya? Silahkan dengarkan lagu berjudul Patience yang ada di album GNR Lies. Yang paling saya ingat dari lagu ini tentu adalah siulan Axl Rose di awal lagu, begitu ear catchy dan memorable. Liriknya pun romantis, tanpa harus meninggalkan kesan maskulin. Lirik terbaik di lagu ini? Tentu saja ketika Axl bersenandung pelan "Shed a tear 'cause I'm missing you, I'm still alright to smile. Girl, I think about you every day now" dan juga ketika berbisik lirih sembari berkata "Said woman take it slow, things will be just fine. You and I'll just use a little patience."

Untuk video klipnya, lihat disini

2. Motley Crue - Without You

Saya menambahkan lagu ini ke dalam daftar karena waktu itu saya masih dalam masa ibadah hair metal. Masa saya sedang ibadah hair metal tapi tak memasukkan dedengkot-nya hair metal ke dalam daftar ini? Bisa-bisa saya dikutuk habis-habisan menjadi pecinta Korean Pop.

Oke, kenapa saya pilih lagu ini? Sebelum saya kenal Motley Crue, saya lebih dulu kenal lagu ini. Saya pernah melihat video klip lagu ini di salah satu acara tv. Saya melihat video ini tanpa tahu siapa penyanyinya. Ketika sudah membeli kaset Greatest Hits-nya, baru saya sadar kalau Without You yang pernah saya tonton beberapa tahun lalu ternyata adalah lagu dari band bengal ini. Ternyata di balik tato dan kisah hidup yang ganas, mereka berempat adalah para rocker yang bisa juga menulis kata rindu dengan baik dan benar. Bagian terbaik dari lagu ini? "Without you, there's no change. My nights and days are grey. If I reached out and touched the rain, it just wouldn't feel the same." Cadas!

Untuk video klipnya, lihat disini

3. Pink Floyd - Wish You Were Here

Saya tak pernah jatuh cinta dengan Pink Floyd, bahkan sampai saat ini. Silahkan sebut saya orang bodoh. Tapi bagi saya, Pink Floyd adalah tipikal musisi prog rock, terlalu berkonsentrasi pada musik mereka, suka berpanjang-panjang tanpa maksud, dan membuang waktu dengan beberapa part tak penting -- ya ya ya, saya tahu saya bakalan diincar oleh gerombolan fans Pink yang membawa golok di luar sana. Meskipun tak suka dengan bandnya, entah kenapa, saya suka sekali dengan lagu ini. Meskipun beberapa menit awal --sebelum masuknya intro gitar-- tetaplah bagian tidak penting yang seharusnya dipotong saja. Liriknya pun surealis, sama sekali jauh dari romantis. Tapi entah kenapa, saya suka. Bagian terbaik dari lirik lagu ini? Tentu saja "How I wish, how I wish you were here. We're just two lost souls swimming in a fish bowl, year after year, running over the same old ground. What have we found? The same old fears. Wish you were here."

Membuat saya berpikir, betapa menyenangkannya kalau ada teman untuk menghadapi ketakutan yang terus datang berulang.

Untuk lihat videonya, klik disini

4. LOVE - Always See Your Face

Meskipun lagu ini jarang terpantau radar, tapi ini adalah salah satu lagu terbaik mengenai rindu. Tak ada kata yang njelimet, tak ada pengandaian yang mbulet. Semuanya straight to the point: No matter where I go, I will always see your face. Oh ya, Arthur Lee juga bernyanyi dengan pongah: no matter where you go, you will always see my face. Jadi kalau pacar kalian menanyakan pertanyaan klise macam "Kamu kangen aku gak?" jawab saja dengan singkat, padat, dan jelas: No matter where I go, I will always see your face. Beres :)

Untuk lihat videonya, klik disini

5. Base Jam - Rindu

Lagu nomer 5 ini adalah kepingan dari masa SMP saya yang begitu berwarna. Memang saat itu saya lebih sering menoweli pantat teman-teman perempuan saya ketimbang merasakan rindu. Iya, saat itu saya belum merasakan yang namanya rindu. Saat itu ketika menggoda teman perempuan saya, sama sekali tak ada tendensi asmara, apalagi tendensi seksual. Murni hanya untuk bersenang-senang dan menikmati pompaan adrenaline yang kencang ketika dikejar oleh mereka.

Lagu ini tiba-tiba kembali menyeruak ketika saya datang ke rumah seorang teman yang malam itu memutar lagu ini. Tiba-tiba masa putih biru itu kembali datang. Lucunya lagi, lirik yang tertulis di lagu ini sepertinya cocok dengan kondisi saya sekarang --dan juga teman saya itu. Karena itu pula, saya memutuskan untuk memasukannya ke dalam daftar ini. Akhirnya, ketika pacar saya kembali menuntut ilmu ke kota seberang, saya masukkan lagu ini ke dalam mix tape yang saya buat. Bagian lirik terbaik? Tentu "Walau jarak memisahkan kita berdua, ku selalu ada di hatimu. Simpanlah rasa rindumu hanya untukku, ku kan datang... Untukmu"


Buat Mas Yus Arianto, ini saya bayar hutang saya. Ayo bikin 5 lagu tentang rindu versi seorang Yus Arianto :) Oh ya, kalian yang membaca juga harus bikin daftar 5 lagu tentang rindu versi kalian :)


Rumah Nova Dwi Prasetyo, 13 Oktober 2010
Sembari menanti subuh

2 komentar:

  1. ehem.. Guns N' Roses will never die...lyric Patience mmg mengiris hati, aku bahkan pernah berharap seekor kelinci bakal senandungkan lyrick ini tepat jam 12 malam! hahah....,, part yg paling aku ngga nahan rindu sama pacar justru pd nada reffnya :I've been walking these streets at night Just trying to get it right It's hard to see with so many around You know I don't like being stuck in a crowd And the streets don't change but maybe the name I ain't got time for the game
    'Cause I need you Yeah, yeah well I need you Oh, I need you Whoa, I need you..ohhh this time... (sangat sendu hukhukhuk)

    BalasHapus