Senin, 19 Mei 2014

Radar Love dan Golden Earring

Tahu band Golden Earring? 

Saya baru tahu band ini sewaktu SMA karena karena White Lion pernah mengkover salah satu lagu mereka, "Radar Love". Terima kasih kepada internet. Di tangan White Lion, lagu ini lebih begajulan, binal, lengkap dengan keliaran two handed typing ala Vito Bratta.

Golden Earring adalah band rock asal Belanda yang aktif sejak awal dekade 60. Namun nama mereka mulai terkenal di dunia berkat lagu "Radar Love" yang dirilis tahun 1973. Lagu ini, hingga sekarang, pernah dikover oleh kurang lebih 500 musisi. Bahkan sampai ada situs khusus yang menampilkan senarai artis yang pernah mengkover lagu legendaris ini. Daftar pengkovernya tak main-main. Mulai dari Santana, U2, R.E.M, Def Leppard, Bryan Adams, hingga yang paling brengsek: White Lion.

Nah, tahun 2011 kemarin, Golden Earring sempat reuni untuk sebuah acara di televisi Belgia. Mereka membawakan "Radar Love" sepanjang 10 menit lebih dengan sangat baik. Meski sudah opa-opa berumur 60 tahun, musik yang dimainkan sama sekali tak kedodoran. 

Barry Hay, sang vokalis, masih mampu mencapai nada tinggi dan sangat powerfull. Vince Neil harus malu pada Barry, karena diumur yang baru 40-an vokalis Motley Crue itu sudah lembek dan tak bisa bernyanyi. Solo gitar di video ini? Bakal menggerus kerak kotoran kuping anda. Bass-nya? Tetap bakal bisa membuat kaki berdansa otomatis, meski sudah lebih dari 40 tahun dimainkan.




Yang paling keren, menurut saya, adalah drummer Cesar Zuiderwijk, yang tampak paling tua dengan rambut yang menipis dan beruban. Ia masih mampu menggebuk drum Inggris dengan gagah. Di masa mudanya ia bahkan lebih gila. Selain kemampuan bermain drum yang teramat lihai, faktor lain yang membuatnya terkenal adalah atraksi melemparkan diri pakai ketapel di ujung pertunjukan solo drumnya. Edan. Pada video penampilan reuni, Cesar tentu sudah tak bisa lagi melemparkan diri dengan ketapel. Tapi keahlian akrobatnya masih ada. Lihatlah menit ke 1:17,  bagaimana ia dengan percaya diri melempar stik drum ke udara dan menangkapnya kembali. Kakek yang keren.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar