Selasa, 20 Mei 2014

Ride the Wind, Forever Free



Entah kenapa, motor besar, terutama Harley Davidson, seringkali lekat dengan citra jantan. Hair metal, musiknya kaum  pemuja kebebasan dan bersenang-senang, juga punya banyak video klip yang menampilkan Harley.

Siang ini karena lagi selo di kantor, saya iseng-iseng membuat lima daftar video klip hair metal yang memunculkan motor besar. Tak semua lagunya begajulan. Beberapa malah lagu balada yang lembut sekali di kuping. Oh ya, senarai ini hanya berdasar pengetahuan saya. Yang punya daftar lain, monggo dibuat.

1. Cinderella: Coming Home

Cinderella adalah band hair metal asal Penssylvania yang ngetop dengan lagu-lagu balada bernuansa blues macam "Don't Know What You've Got Till Its Gone" atau "Heartbreak Station". "Coming Home" sendiri adalah salah satu hits lain yang lumayan ngetop. 

Kisah dari cerita ini adalah seorang pria yang rela berhenti dari pekerjaannya demi bisa hidup bareng sang pacar. Klise. Tapi yang keren, sang lelaki, dengan jaket kulit dan sepatu boots, mengendarai Harley Davidson menuju rumah. Walau di tengah perjalanan Harley-nya rusak dan terpaksa ia tinggal.

Oh ya, Cinderella termasuk band yang lumayan sering memasukkan Harley dalam klipnya. Selain di lagu "Coming Home", Harley bisa dilihat di video klip "Gypsy Road".

Videonya bisa dilihat di sini.

2. Jon Bon Jovi - Miracle

Ini adalah lagu single kedua dari album solao Jon, Blaze of Glory. Adegan pembukanya keren sekali. Seorang polisi uzur dengan perut tambun yang mengendarai mobil dinas, melihat spion: tampak rombongan pengendara Harley di belakang. Kemudian mereka dengan perlahan menyalip sembari menggoda si polisi berkumis komikal itu.

Rombongan pengemudi Harley itu keren-keren. Mereka tipikal pengendara yang tidur di pinggir jalan, beratap langit. Tampak dari selimut yang ditaruh di bagian depan atau belakang motor. 

Rombongan itu lantas beristirahat di sebuah desa kecil yang sedang bersiap melakukan sebuah perayaan. Para pengendara itu kemudian menyebar, bersosialisasi dengan para penduduk lokal. Ada yang nongkrong di bar, minum tequila dengan ulat, bermain dengan anak-anak kecil, hingga si Matt LeBlanc yang flirting dengan seorang perempuan lokal. Si Jon sendiri bermain gitar di sebuah kios musik kecil. 

Oh ya, selain menampilkan cameo Matt --terkenal dengan peran di serial Friends-- video klip ini juga menampilkan sang legenda gitar, Jeff Beck, yang bermain solo gitar.

Video klipnya bisa dilihat di sini.

3. Motley Crue - Girls Girls Girls

Dari opening lagu, sudah terdengar bunyi deru mesin Harley Davidson. Garang. 

Bunyi itu sekaligus menjadi pembuka lagu dengan riff maut dari empat berandal paling begajulan dalam sejarah rock n roll. Lagu ini juga menjadi single andalan dari album berjudul sama. Sampul album Girls Girls Girls bahkan turut menampilkan dua motor Harley.

Motley Crue berperan sebagai empat pengendara Harley yang mampir di sebuah strip bar. Selain dalam video klip, rasa-rasanya bermotor dan pergi ke strip bar adalah benar-benar ritus keseharian mereka. Selain jejeran empat motor Harley, ada pula banyak perempuan-perempuan bertubuh sintal yang memamerkan lekuk tubuhnya. Liar!

Video klipnya bisa dilihat di sini.

4. W.A.S.P - Forever Free

Sepasang kekasih menaiki Harley Davidson. Tanpa pengaman kepala. Hanya jeans, boots, dan jaket kulit. Mereka dengan tenang melintas di jalanan Amerika yang mulus. Sesekali berhenti di daerah dengan pemandangan yang bagus. Untuk kemudian terus mengemudi.

Di tengah jalan, gara-gara asyik bercakap, sang lelaki tak melihat ada truk menghalangi jalan. Mereka bertabrakan. Sang perempuan meninggal, dan sang lelaki tetap hidup dengan menanggung perasaan bersalah. 

And there she fell, deep in the night
One breath away from heavens light
And she said - don't cry for me I'm leaving you
The wind cries her name in the breeze
But I can't hold her anymore

Untuk menebus rasa bersalah itu, ia terus mengemudi.

Ini adalah lagu keren dari W.A.S.P, band dari gerombolan hair metal namun dengan gagah menguarkan nuansa gelap dan menyeramkan. Apalagi melihat wajah Blackie Lawless sang vokalis, yang nyaris mirip Alice Cooper.

Lagu ini asyik. Diiringi oleh gitar akustik di awal lagu, dan di tengah lagu tempo perlahan naik, dengan solo gitar yang dahsyat. Hal itu masih ditambah dengan reff yang mudah sekali menempel di kuping dan dinyanyikan ulang.

I ride the wind forever free...

Video klipnya bisa dilihat di sini.

5. L.A Guns - Electric Gypsy

Band embrio Guns N Roses ini termasuk band hair metal veteran. Mereka juga sama seperti kolega lainnya, suka sekali mengendarai Harley tanpa helm.

I need the Harley wind
Blowing in my hair

Kelima orang personel mengendarai Harley, lalu melaju di jalanan Amerika nan luas. Berhenti di motel atau bar pinggir jalan. "Electric Gypsy" mungkin perwujudan para gipsi di dunia modern. Para kaum nomaden yang mengendarai kuda besi. Video klipnya sebenarnya biasa saja. Ya tipikal video pengendara motor. Tapi langit lazuardinya keren.

Video klipnya bisa dilihat di sini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar