Jumat, 05 Oktober 2012

Brilliant at Breakfast Akan Segera Melakoni Tur Jepang

Photo courtesy of Anom Sugiswoto

Band indie-pop asal Yogyakarta, Brilliant at Breakfast, akan segera terbang ke Jepang untuk menggelar beberapa rangkaian tur konser bertajuk Travelling Carnival: From Java to Japan.

"Kami akan berangkat tanggal 17 Oktober, tanggal 18 langsung bermain di Koenji High," ungkap Arkham Kurniadi, pendiri Paperplane! Records, label yang menaungi Brilliant at Breakfast kepada Rolling Stone.

Rangkaian konser Jepang ini sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun 2011. Semua bermula dari Outer Beat, radio komunitas di Yogyakarta yang digagas oleh Arkham dan kawan-kawan yang rutin menayangkan lagu-lagu indiepop dan shoegaze. Kiprah radio ini terpantau oleh band shoegaze Jepang, Luminus Orange dan Texas Panda.

Setelah beberapa kali korespondensi, Texas Panda akhirnya datang ke Yogyakarta dan melakukan beberapa pertunjukan di sana pada pertengahan tahun 2011. Para personil Texas Panda lantas bergantian menawarkan tur di Jepang bagi Brilliant at Breakfast.

Brilliant at Breakfast akan bekerjasama dengan dua ilustrator asal Yogyakarta, Nurul Putri dan Naomi Dome untuk membuat beberapa artwork bertema karnaval untuk ditampilkan nantinya dalam seluruh rangkaian acara.

Brilliant at Breakfast hingga kini sudah mengeluarkan 2 rilisan, Almost Verbose (EP 2010), dan Being Verbose Is Easy, Being Verbose Ain't Easy (2011). Mereka sempat pula bermain di Esplanade, Singapura pada 2011 lalu. Album mereka juga telah dirilis oleh 2 label asal luar negeri, Susy Records dari Peru dan February Records dari Amerika Serikat.

Sebelum bertolak ke Jepang, rencananya band yang sudah aktif sejak 2008 ini akan menggelar konser 'pamitan' di Yogyakarta. "Kami akan mengadakan press confrence dan showcase pada tanggal 7 (Oktober) di Yogyakarta" ujar Arkham.

Jadwal yang menanti Brilliant at Breakfast cukup padat. Berangkat tanggal 17 Oktober dari Jakarta menuju Tokyo, mereka tak punya waktu lama untuk beristirahat. Karena tanggal 18 mereka langsung tampil di Koenji High.

Tempat ini adalah sebuah venue yang selama ini menjadi tempat gathering bagi band-band indiepop dan shoegaze di Jepang. Lalu keesokannya, band twee-pop ini akan bermain di Echo Shibuya.

Pada 20 Oktober, Brilliant at Breakfast berencana melakukan live recording konser dan pembuatan video musik di rooftop Empire Hotel Shinjuku.

"Rencananya 21 Oktober kami sudah pulang menuju Indonesia, doakan lancar," harap Arkam seraya memungkas pembicaraan.


Jadwal tur Travelling Carnival: From Java to Japan:

7 Oktober 2012 - Paztaholic, Yogyakarta, Indonesia
Travelling with Brilliant at Breakfast bersama Answer Sheet

14 Oktober 2012 - Swaragama FM, Yogyakarta, Indonesia
Wawancara dan live akustik di program Jogjakarya


18 Oktober 2012 - Koenji High, Tokyo, Jepang

Brilliant at Breakfast One Night Gig bersama Texas Pandaa, 4 Bonjour's Party, Bertoia, Honeydew


19 Oktober 2012 - Echo, Shibuya, Jepang

Thee Boot Party #8 bersama Mitsume, It Happens; DJ Yuji Oda, Sekiyama Yuta, Sue and Sumire

post-scriptum: awalnya ditulis untuk situs ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar