Minggu, 29 April 2012

Yesterday: Mengenang Perdebatan Ideologis

Dulu saya dan ayah pernah terlibat perdebatan ideologis panjang.

Bukan masalah agama. Bukan pula masalah pendidikan. Tapi siapa yang lebih keren antara The Beatles atau Guns N Roses. Hey, jangan salah. Musik itu terkadang jauh lebih ideologis ketimbang haluan politik atau pilihan agama.

Jadi di suatu siang yang panas, saya --yang waktu itu masih duduk di kelas 1 SMP-- dan ayah sedang duduk di depan televisi. VCD player memutarkan VCD bajakan berisi video klip Guns N Roses.

Saat terkesima oleh kekerenan video "November Rain", saya nyeletuk, "Guns N Roses ini emang band paling keren sedunia". Ayah saya yang sedang membaca koran, tiba-tiba menoleh, lalu dengan sedikit sewot berujar, "Yo gak lah. Jauh lebih keren The Beatles". Saya tak terima. Lalu terjadilah perdebatan panjang itu. Pada akhirnya ayah saya melontarkan upper cut telak berupa kalimat "Coba kamu tanya ke tukang becak, pasti mereka tahu The Beatles, tapi gak mungkin tahu Guns N Roses".

Saya terdiam dan tidak bisa membantah. Walau belakangan saya berpikir, pasti tukang becak juga tidak peduli mengenai siapa yang jauh lebih hebat antara The Beatles atau Guns N Roses.

Tapi ayah saya juga suka Guns N Roses. Bahkan ketika saya baru belajar bermain gitar, ia rela jadi backing vocal ketika saya bernyanyi lagu "Patience" dengan tertatih karena harus melihat chord gitar di selembar kertas. Lagu favoritnya adalah "Sweet Child O Mine", lagu rock yang tetap menampilkan sisi manis seorang rocker. Menurut ayah, rocker yang baik itu harus punya sisi manis. Ia mencontohkan Deep Purple yang bisa membuat lagu "Soldier of Fortune", atau  The Beatles yang punya "Yesterday" dan sederet lagu rock manis lainnya.

Kemarin malam ada acara tribute to Guns N Roses di salah satu acara musik televisi. Mendadak saya teringat akan perdebatan ideologis ayah dan anak belasan tahun silam itu. Setelah sekian lama, saya dengan berbesar hati mengakui kalau The Beatles memang pengaruhnya jauuuh lebih besar ketimbang Guns N Roses. Apalagi setelah saya lebih tekun mendengarkan The Beatles. Mereka memang pantas menyandang gelar band terbaik dunia. Tapi di hati kecil saya, saya tetap gak mau kalah. Saya kekeuh menganggap kalau Guns N Roses jauh lebih keren ketimbang The Beatles.

Maaf ya yah, hehehe. Buat menebusnya,  ini video lagu kesukaanmu, Yesterday dari The Beatles :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar