Selasa, 24 April 2012

Para Begundal Pistol dan Mawar


Belakangan ini saya rajin kembali menyimak album-album Guns N Roses. Terutama album maha dahsyat, Appetite for Destruction. Juga membaca biografi mengenai band ini. Sayang buku biografi Guns tertinggal di rumah Jember. Saya juga membaca biografi Slash karya duet Slash dan Anthony Bozza. Sayang, versi pdf buku itu jelek sekali. Membuat susah bacanya. Mata cepat lelah karena huruf yang kecil dan format yang landscape 2 halaman. Kenapa saya rajin lagi menyimak Guns?

Musababnya adalah Guns N Roses baru saja dilantik masuk dalam Rock n Roll Hall of Fame. Bisa jadi, Guns adalah satu-satunya band dari skena hair metal yang masuk dalam senarai musisi legendaris itu. Masuknya band yang pernah mendapat julukan sebagai band paling berbahaya sedunia ini seperti membenarkan kalau saya tak salah memilih band untuk diimani.

Saat ini saya sedang berusaha menulis panjang tentang Guns N Roses. Tapi sedikit kesusahan. Entah kenapa. Setiap menulis beberapa paragraf, lalu membaca ulang, saya merasa ada yang janggal. Tak tahu apa. Akhirnya saya menulis ulang. Lagi dan lagi. Hingga saat ini draft-nya masih menumpuk dan belum saya utak atik hingga sekarang.

Guns N Roses adalah band pahlawan saya sepanjang masa, mengalahkan The Doors. Saya mendengar Guns semenjak kelas 1 SMP, sejak diberi VCD bajakan berisi kumpulan video klip Guns. Sedetik setelah video "Welcome to the Jungle" tampil di layar televisi, saat itulah saya sadar bahwa band ini yang akan saya imani sampai kapanpun.

Ketika belajar gitar untuk pertama kalinya, "Patience" adalah satu dari dua lagu pertama yang saya pelajari. Saya terkesima setelah melihat permainan solo gitar Slash, dan repetan Axl di penghujung lagu. Saya juga bengong melihat Steven teler dalam video klip itu. Kelak dia akan dipecat karena terlalu sering teler dan mengabaikan pekerjaannya.

Bagi saya, Guns adalah band terbaik dari era hair metal. Melampaui Motley Crue atau Skid Row. Bahkan Bon Jovi. Album Appetite adalah bentuk nyata. Belum lagi ditambah duo album super keren bertajuk Use Your Illusion I dan II.

Sekarang saya sedang mendengarkan "Back off Bitch" dari album Use Your Illusion I. Lagu ini memiliki intro yang menghentak. Dengan suara Axl yang menggeram marah tapi tetap enak didengar. Setelah dirilis, album ini menempati posisi 2 dalam chart Billboard. Siapa posisi 1-nya? Use Your Illusion II.

Doakan supaya tulisan panjang soal Guns bisa cepat selesai...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar