Jumat, 10 Agustus 2012

"Layang Sworo" dan Rindu Akibat Jarak


Sebagai pelaku beberapa kali hubungan jarak jauh, saya tak pernah mengaitkan rindu dengan lagu dangdut koplo yang lebih lekat dengan nuansa erotis. Tapi pagi ini, saya harus merubah pandangan saya. 

Semua berawal dari tautan dari Pak Faruk, seorang dosen UGM yang sudah tersohor itu. Beliau menaruh tautan lagu berjudul "Layang Sworo" beserta liriknya. Saya tertarik sebab liriknya teramat sendu dan jujur blak-blakan. Khas musik grass root. Selain itu, jika musik ini sampai dibahas oleh Pak Faruk, pastilah musik ini bukan musik biasa. Lalu saya pergi ke alamat tautan dan mengunduhnya segera.

Setelah beberapa menit, unduhan selesai, saya langsung memutarnya. Sejak tarikan suara pertama sang vokalis, saya langsung jatuh cinta. Lagu ini adalah lagu rindu sendu yang menangkap perasaan para kekasih yang terpisah jarak. Syahdu dengan lick gitar blues mix melayu. Suara sang vokalis yang bernama Ratna Antika ini sungguh mengharu-biru. Ia bernyanyi dengan lirih. Seperti menangkap betul perasaan orang yang terhantam rindu namun terhalang jarak. Fucked by distances.

Yang unik, ada permainan kendang dan sorakan "hek a, hek a" yang khas dangdut koplo Pantura. Saya membayangkan, para pemain band yang berteriak "hek a, hek a" itu seperti menggojlok dan mengolok Ratna yang sedang bergelut dengan rindu nan pedih. Tapi tetap, lagunya sendu penuh seluruh.

Liriknya pun sadis: "Layangmu lewat sms hpmu raiso ngobati kangenku. Sworomu lewat telepon gratisan raiso ngalahi yen sesandhingan. Layang sworo raiso ngobati. Roso kangen marang sliramu, yai. Layang sworo raiso ngganteni kulino aku nyandhing sliramu, yai" 

Kalau dimaknai secara harfiah, bahkan tekhnologi tercanggih pun tak bisa menuntaskan rindu yang muncul akibat jarak. Baik sms maupun telpon gratisan, tetap tak bisa mengalahkan perasaan ketika bertemu langsung. Sadis benar kan lirik lagunya?

Sejak beberapa belas menit lalu diunduh, lagu ini terus berputar. Semoga Ratna Antika tidak bosan menyanyi lagu ini untuk saya...

post-scriptum: bagi yang menganggap saya berlebihan atau mocking, silahkan unduh lagunya dan buktikan sendiri aura magis lagu ini. Unduh di sini. Oh ya, saya rindu kamu cuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar